Ads Top

Penyebab Tidak Keluar Tinta di Printer Epson

Penyebab Tidak Keluar Tinta di Printer Epson | Bagi Anda yang mempunyai printer baik Epson, canon, HP, dan printer lainnya pastinya akan menemukan beberapa kejadian error seperti salah satunya printer tidak mengeluarkan tinta sama sekali baik tidak mengeluarkan tinta hitam maupun tidak mengeluarkan tinta berwarna. Pastinya hal tersebut langsung membuat anda kebingungan soal penyebab Kenapa printer tidak mengeluarkan tinta saat mencetak padahal Jika Anda lihat printer anda sudah ready to print atau sudah siap untuk mencetak dokumen maupun foto. 

Penyebab tidak keluar tinta di printer Epson maupun Canon dan perintah lainnya, hal tersebut ternyata memang bisa saja terjadi pada printer Anda di mana masalah tersebut bisa terjadi dan bisa anda lihat dengan sangat jelas ketika anda melakukan pencetakan Di mana hasilnya nampak bergaris, putus-putus dan tidak ada tinta sama sekali baik tinta hitam maupun warna. Salah satu cara atau langkah awal untuk memperbaiki nya adalah anda melakukan pengecekan pada nozzle dan disana anda bisa melihat Apakah tinta hitam atau warna yang bermasalah. 

Akan tetapi kebanyakan masalah yang terjadi tinta printer tidak keluar saat mencetak Biasanya pada tinta berwarna hitam dimana Setelah anda melakukan head cleaning berkali-kali tapi hasilnya tetap sama yaitu warna hitam tidak keluar malahan jika keluar kebanyakan putus-putus 
Lalu yang menjadi pertanyaan, apa penyebab tidak keluar tinta di printer Epson??

Penyebab tidak keluar tinta di printer

Apabila melihat dari beberapa kasus yang pernah dialami ada beberapa penyebab yang mungkin sama dengan printer anda terutama yang kami lakukan tes yaitu pada printer Epson, di mana penyebabnya sebagai berikut: 

1. Cartridge kosong 

Penyebab yang sering terjadi kenapa tinta printer tidak bisa keluar ketika mencetak yaitu dikarenakan cartridge printer anda sudah mengalami kekosongan sehingga ketika melakukan proses pencetakan terjadi head tidak menyemprotkan tinta karena memang didalam cartridge sendiri sudah tidak ada tinta.

Solusi: 

Apabila memang cartridge printer anda sudah kosong Sebaiknya anda melakukan penyedotan manual yaitu dengan menyedot semua udara yang berada dalam cartridge printer dengan menggunakan alat suntik maupun alat yang lainnya. 

2. Head mampet 

Penyebab kedua yang menjadikan printer tidak keluar tinta saat mencetak yaitu dikarenakan head alami mampet atau tersumbat umumnya dilakukan dengan test nozzle biasanya print sudah bisa mencetak akan tetapi, apabila cara tersebut tidak bisa dilakukan dan masih tidak muncul tinta maka dipastikan head alami mampet yang terbilang parah.

Solusi: 

Caranya dengan melakukan pembersihan pada head catridge yaitu dengan memasukkan cairan head cleaner kedalam head catridge yang terjadi mampet bisa menggunakan suntikan bekas isi ulang tinta. 

3. Head sudah rusak 

Penyebab terakhir yang biasanya terjadi yaitu Head sudah mengalami overhead atau printer mencetak terlalu banyak dalam satu kali percetakan sehingga head mengalami panas dan nozzle yang berada pada head semakin melemah dan rusak. Sehingga kami anjurkan, apabila anda mencetak dokumen harus bertahap, misalnya Anda mau mencetak 20 halaman maka bisa dengan cara mencetak 5 dokumen dan seterusnya.

Solusi: 

Untuk Hard yang sudah rusak maka solusinya adalah membeli head baru lalu anda pasangkan dan biasanya sudah normal kembali. 

Itulah Penyebab tidak keluar tinta di printer Epson dan printer lainnya yang bisa bedah printer bahas pada artikel kali ini, semoga artikel yang kami bahas bisa menjadi referensi dan memberi gambaran rinci terkait gejala yang dialami oleh printer anda.

No comments:

Powered by Blogger.