Ads Top

Cara Cleaning Printer Canon

CariCaraReset - Cleaning printer dapat dilakukan dengan cara yang terbilang mudah. Hal ini dikarenakan semua pengaturan meliputi self maintenance sudah ada dalam software atau driver printer itu sendiri. Arti kata cleaning yang dimaksud di atas adalah membersihkan bagian head cartridge atau disebut juga kepala cetak yang menjadi salah satu bagian penting dari printer anda. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai tips mudah untuk cara cleaning printer Canon yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.

Bagaimana cara cleaning printer Canon?

Dalam melakukan cleaning, hampir semua merek printing semuanya sama. Tujuan dari pembersihan itu sendiri untuk menghindari adanya tinta yang luber dan melancarkan lubang pada nozzle ketika tinta keluar dari cartridge menuju ke head printer. Selain itu pembersihan merupakan salah satu perawatan rutin agar printer anda dapat digunakan dalam jangka waktu lebih lama atau awet. Untuk melakukan pembersihan dan membuang tinta yang sudah lama mengendap di bagian head cartridge, nantinya  setelah proses selesai tinta dapat keluar dengan lancar dan mampu mencetak dokumen anda dengan maksimal.

1. Anda dapat mulai dengan klik kanan pada bagian start => pilih Control Panel.
2. Kemudian klik View devices and printers
3. Pada layar anda akan muncul Devices and Printersyang ditampilkan
4. Klik kanan pada sebuah ikon printer anda yang sedang aktif => klik Printer Properties
5. Kemudian layar akan menampilkan Generalyang dapat digunakan sebagai Print Test Page
6. Anda harus memindahkan ke bagian tab Maintenance, terdapat beberapa tipe cleaning:

  • Cleaning : membersihkan tinta dengan ringan.
  • Deep Cleaning  : membersihkan tinta secara lebih mendalam pada cleaning head.
  • Nozzle Check   : melakukan pengecekan kondisi cetak anda saat berlangsung.

Catatan: Anda dapat melakukan Nozzle Check terlebih dahulu sebelum memulai Cleaning atau Head Cleaning


Jika anda mendapati bahwa hasil cetak printer anda mengalami error dan belum terlalu parah, anda dapat menggunakan pilihan Cleaning pada warna tertentu saja. Berbeda jika hasil cetak printer anda sudah terlalu parah meskipun anda sudah melakukan pilihan Cleaning, disarankan anda dapat menggunakan cleaning dengan pilihan Deep Cleaning.

7. Jika anda pilih Cleaning, klik Cleaning=> Execute
8. Kemudian proses cleaning akan berlangsung dan anda harus menunggu proses tersebut sampai       benar benar selesai. Lalu anda bisa mencoba pilihan Print Test Pageseperti yang dilakukan di step ke 5

Langkah langkah tersebut adalah cara cleaning printer Canon. Cara tersebut umumnya sama dengan perangkat printer dengan merek lain. Pembersihan tersebut dapat dilakukan secara rutin dan berkala selang seminggu sekali atau hanya seperlunya saja dikarenakan proses ini akan membuang tinta.

Pembersihan dapat anda lakukan ketika anda mendapati bahwa hasil cetak printer anda sudah tidak bagus padahal tinta yang dimasukkan dalam kondisi optimal. Tidak perlu dilakukan terlalu sering karena justru dapat menimbulkan kerusakan ketika terlalu sering dilakukan. Pada saat anda melakukan proses Cleaning ataupun Deep Cleaning, disarankan anda memberikan waktu selang 10 sampai 15 menit. Hal ini dilakukan bertujuan untuk menghindari panas yang timbul di bagian cartridge, jika terlalu panas akan menimbulkan kerusakan pada printer anda. Ketika anda sudah melakukan deep cleaning tapi hasilnya masih tetap sama, berarti kemampuan cartridge anda sudah berkurang kinerjanya dan kemungkinan untuk diganti. Silahkan anda mencoba tips mudah di atas dan semoga bermanfaat.

No comments:

Powered by Blogger.